Thursday 8 September 2016

15

Setelah Berdiri Dan Berdesakan

Sudah agak lama aku tidak merasakan lelahnya berdiri dan berdesakan dari Ngawi hingga Solo lalu tertidur setelah dapat kursi. Memang biasanya setelah dapat jatah kursi, orang suka ketiduran dan lupa dengan siapa yang ngasih kursi. Dikira dengan ngasih amplop berisi dua puluh ribuan kita udah seneng? Belum! Padahal uang segitu juga masih kurang jika mau digunakan untuk membeli sekotak sempak merk Indomaret.

"Lha, kamu dikasih dua puluh ribu saja kok mbok pilih?"

Pemilu waktu itu diadakan di jam pagi, aku nganggepnya itu adalah uang ganti rugi bangun pagiku sebagai manusia merdeka, ganti rugi libur nyangkulnya pak tani, ganti rugi libur kerjanya para karyawan, ganti ruginya pegawai yang gak bisa nyoto di jam kerja!

Ahh..., tidurku terlalu nenyak.



https://www.pinterest.com


Awal semester, sebelum ada kendaraan buat kuliah, aku kalau mudik selalu minta bantuan temen buat nganterin ke terminal, terus jualan kacang. Eh, enggak ding.
Dulu setiap mudik aku sering sekali naik bus, dan pengalaman pertama naik bus dari Jogja ke Ngawi adalah merasa tersindir oleh lirik lagu yang dibawakan pengamen ketika aku sedang pura-pura tidur.

Pengamen memberiku banyak dan bermacam pengalaman bertransportasi. Pernah waktu itu aku dicaci-maki oleh pengamen karena gak sengaja ngasih receh cuma 200 perak, tapi juga pernah ada pengamen yang diusir kenek bus karena merasa suaranya sebagus Adam Levine tapi kenyataannya malah mirip suara kucing kawin. Ada juga salah satu pengamen unik yang suka tampil membacakan puisi berisi kritik sosial yang entah karya sendiri atau siapa, pengamen ini kadang suka nongol di jalanan daerah Klaten.

Beragam pedagang juga sering aku temui, pedagang yang suka mengecer dan menaruh barang dagangannya di pangkuan setiap penumpang lalu diambil kembali ketika tidak dibeli, juga pedagang yang rajin berkampanye menjabarkan semua fungsi dan kelebihan dagangannya layaknya seorang politikus handal. Dan jangan lupakan persaingan sengit antar penjual arem-arem dan tahu gembos.

Yang paling menyenangkan dari naik bus adalah aku bisa belajar menjadi manusia dengan mengamati polah manusia lainnya. Sulit memang, tapi cobalah amati beberapa manusia yang terlihat di sekitarmu, coba intiplah tingkah polah manusia lain dari balik jendela kaca tembus pandang sebelah kursimu. Tidak jarang kamu akan menemukan manusia lanjut usia dengat semangatnya menggendong dan menawarkan barang dagangannya. Aku melihat banyak yang seperti itu.

"Apa iya laku?"

"Dapet untung berapa sih?"

"Apa gak capek ya?"

Peertanyaan seperti itu suka nempel dan memaksa otak untuk menemukan jawaban di sepanjang perjalanan. Dari situ mulailah otak ini sok-sokan tau menjawab pertanyaan tadi. Begini:


"Apa iya laku?" 
"Susah kayaknya."

"Dapet untung berapa sih?"
"Palingan cuma sedikit."

"Apa gak capek ya?"
"Pasti capek."

Baiklah! Mungkin barang yang mereka jual gak begitu laku, untungnya gak seberapa, lumayan juga rasa lelahnya, tapi jika mereka kebanyakan mikir hasilnya seperti apa, mungkin jadinya mereka gak berusaha dan gak berbuat apa-apa, seperti aku yang cuma berani mengintip dari balik jendela kaca.

Dari sekian banyak pengalaman, yang aku sesalkan dari naik bus adalah aku tidak pernah pernah berani menyapa dan mengajak bicara penumpang wanita yang ada di sebelahku.

15 comments:

  1. Dari Ngawi ke Solo kira-kira 2 jaman lah ya dan lu berdiri? O_O Hebat amat tu betis. Kira-kira udah bengkak segede tales bogor lom??

    ReplyDelete
  2. Jadi semacam gak dapet tempat duduk terus lelah gitu ya?
    Emang iya.

    Tapi emang bener, kadang banyak potret kehidupan (halah) yang bisa kita tonton ketika sedang dalam perjalanan. Tentang orang2 yang berjuang untuk hidup, dengan berjualan yang kayaknya 'emang kalopun laku itu cukup buat biaya hidup? ' tapi emang nyatanya mereka udah terbiasa hidup keras mungkin, udah terbiasa hidup seadanya juga. Dan emang bener, daripada gak berbuat apa2 juga..

    Untuk sampai ke tahap ngajak ngobrol wanita di dalam bus, coba sekali2 ajak ngobrol supirnya dulu sambil duduk di pangkuannya.

    ReplyDelete
  3. nyeselin nggk ngajak bicara cewek disamping bus?, knp harus menyesal????.

    iya, gue juga kasian sama kakek-kakek yang berjual di dalam bus, apakah iya tidak merasa capek?, apakah dagangannya laku???, mungkinkah dia masih memiliki keluarga yang harus dihidupi???

    seharusnya dia menikmati sisa hidupnya bersama cucu-cucunya, bukannya berjualan, miris gue ngeliatnya...........

    ReplyDelete
  4. Naek bus punya sudut pandang lain terkait suasana daerah yang dilewati. Beda banget klo naek motor, maksud gue kita yang mengendarai motor. Kita akan fokus sama yang di depan. Klo nengok2, bisa nabrak. Bahaya juga kan. Hehe..

    ReplyDelete
  5. Kalo di bis itu paling kesel ya sama pengamen sih. Apalagi bis2 di jatim. Tiap berenti, yg masuk para pengamen + pedagang cangcimen.

    Gue suka tuh sama 2 paragraf terakhir. Pas baca manggut2, "iya juga ya."

    Kayaknya kunjungan pertama gue deh ini. Salam kenal. :)

    ReplyDelete
  6. Duduk di bis emang suka bikin bengong dan berkhayal banyak-banyak. Aku juga selama perjalanan 1,5 jam tiap hari pp kerja, selalu dapet inspirasi, kadang bengong merhatiin orang-orang di balik jendela, dan suka tiba-tiba muncul banyak pertanyaan yang gak terjawab tentunya.

    Menurutku itu emang rada susah juga, sih. Apalagi kalo cowoknya nggak pede. Tapi aku pernah dapet temen sebelah (cowok) yang asik diajak ngobrol. Dia ngajak ngobrol duluan dan ngobrol panjang lebar. Ada juga ibu-ibu. Justru lebih jarang sama mbak-mbak, sih.

    ReplyDelete
  7. Entah naik kereta atau pun angkot, gue selalu ngeliat orang2 yang sudah renta tapi masih semangat nyari uang. Itu bukti kalo kehidupan jalanan keras. Dan gue selalu salut dengan orang2 kayak gitu.

    ReplyDelete
  8. udah lama juga gue enggak naik bus . Kadang gue aja sendiri merasa kasihan dengan orang yang menjajakan makanan atau minuman dan apalagi jika dia udah lanjut usia .

    Kemana kah keluarga nya ? Dimana kah cucu nya ? Dimana kah anak anak nya ? Kenapa orang yang lanjut usia masih saja disuruh bekerja ,seharusnya mereka mereka bisa beristirahat dan menikmati masa masalanjut usia nya , terkadang gue miris ngelihat begitu .

    Hidup ini penuh dengan kekerasan . Tapi jangan sampai lah orang yang lanjut usia masih saja mencari nafkah di jalanan , pasti capek nya bukan main :( .

    ReplyDelete
  9. Iya tuh setuju banget, sering banget muncul pertanyaan kayak gitu, dan bener, kalo kita mikirin terus, kita gak bakalan bisa usaha dan menghasilkan apa-apa.

    keren bang, kejadian di bus aja bisa dijadiin postingan gini hehehe..

    ReplyDelete
  10. Kadang kenikmatan naik bis umum itu ya begitulah, banyak sekali hal yang unik yang bakalan kita dapatkan dan bisa dijadikan sebagai pengalaman. Soal pengamen, dialah sang musisi dunia per bis-an. Walau suara tak seindah Adam Levine, patut kita apresiasi.

    Dari tulisan ini gue belajar tentang dinamika sekitar

    ReplyDelete
  11. Gue nggs pernah naik bus sih. Eh, maksudnya ngga pernah naik bus sambil nyapa cewek yang kayak lu rasain. Yah, namanay juga hidup. Orang cari rezeki berbagai macam cara.

    ReplyDelete
  12. Saya juga pernah berdiri naik kereta api dulu banget waktu K.A belum serapi sekarang. Berdiri dan berdesakan sekitar 3 jam-an dan rasanya kapok naik kereta. Tapi sekarang kereta udah bagus dan rapi jadi sering naik kereta kalo pulkam :D

    ReplyDelete
  13. Menjadi penumpang di bus memang hal yang mengasikkan. ya seperti yang kamu biang, bisa melihat berbagai macam pengamen, pedagang, orang asing, dan masih banyak lagi. dari itu semua pasti kita bisa dapat pelajaran berharga dari aktifitas yang mereka lakukan.

    Aku juga sering tuh, kalau bertemu pedagang di lampu merah, sering bertanya dalam hati, apa iya uang yang emreka dapat dari jualan tersebut cukup?

    ReplyDelete
  14. Jujur, awalnya aku bingung baca tulisan ini.
    Tapi pas pelan2 baca lagi akhirnya ngerti... ✌✌✌

    Bepergian naik bus atau naik transportasi umum lain itu emang seru2 gimana gitu.
    Kita bisa ketemu macem2 orang dan macem2 kejadian. Dan dari situ kita bisa ambil pengalaman dan hikmahnya.. *kalau pas bener* haha..
    Kalau pas lagi gak bener yaa palingan ditinggal tidur abis bayar karcis trus gak tau apa2 sepanjang jalan, tau2 udah mau nyampe aja... 😅😅😅

    ReplyDelete
  15. Aduh baca serius ujung-ujungnya gak berani kenalan,, eeeaaaa.
    Sebenarnya apa yang mereka lakukan itu termasuk kerja keras yg patut diacungi jempol. Rahasianya sih "bersyukur", aku rasa semuanya akan menjadi "cukup"

    ReplyDelete